Jumat, 20 Januari 2017

20. Bendungan Kuwil Kawangkoan (Sulut )

Minahasa Utara





 Presiden Jokowi meninjau proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan pemerintah saat mengunjungi Sulawesi Utara hari ini. Dia meninjau Waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara.
"Ini adalah waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, luasnya 308 hektare. Besar sekali, kapasitasnya 23 juta meter kubik. Fungsinya untuk air baku di bawah berarti di Manado, Bitung, Minahasa Utara," ujar Jokowi usai peninjauan, Selasa (27/12/2016).
Baca Juga
Jokowi menjelaskan, ada sejumlah manfaat yang akan diperoleh dari pembangunan waduk tersebut, antara lain pembangkit listrik dan penunjang sektor pariwisata.
"Fungsi kedua mengatasi banjir. Jadi banjir yang dulu melanda Manado berasal dari sungai Tondano di sini. Nanti juga ada fungsi pembangkit listrik, ya tiga ini yah nanti ditambah untuk pariwisata selesai kira-kira 2019," kata Jokowi dalam keterangan tertulis Biro Pers Kepresidenan.
Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berlokasi di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara akan dibangun dengan total biaya pembangunan sekitar Rp 1,42 triliun.
Pembangunan bendungan tersebut menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam membenahi infrastruktur Tanah Air. Total saat ini sudah 21 bendungan yang dibangun oleh pemerintah sejak tahun 2015 silam.
"Di tahun 2015 kan sudah memulai 13 bendungan waduk yang sudah kita mulai. Tahun ini kita mulai delapan, jadi total 21 bedungan waduk," terang Jokowi.
Turut hadir mendampingi Jokowi dalam acara tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan
Sumber : http://news.liputan6.com/read/2688996/jokowi-tinjau-pembangunan-bendungan-kuwil-kawangkoan-di-sulut

Jokowi Bakal Tinjau Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado

Jokowi Bakal Tinjau Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado  
Senin 26 Dec 2016, 14:27 WIB
Jakarta - Dalam rangka mendukung ketahanan air dan pangan, pemerintah memiliki program membangun 65 bendungan hingga 2019 mendatang. Dari 68 bendungan tersebut, lima di antaranya telah diselesaikan pada 2015, 24 bendungan lanjutan di 2016, dan 35 bendungan baru yang masing-masing dijadwalkan pada 2016 hingga 2019.

Salah satu bendungan yang tengah dibangun di 2016 ini adalah Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado, Sulawesi Utara. Bendungan ini memiliki volume 23,37 juta m3, dan bermanfaat untuk mengurangi banjir, sumber air baku, dan pembangkit listrik dengan kapasitas 1,20 MW.

Jokowi Bakal Tinjau Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado 
Foto: Istimewa

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, direncanakan bakal meninjau kemajuan pembangunan bendungan yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara ini.

Kontrak pembangunannya sendiri telah ditandatangani pada Juli 2016 lalu dan saat ini progres pembangunan fisik bendungan telah mencapai 2%. Pekerjaan yang tengah dilakukan adalah pembangunan jalan akses masuk ke lokasi bendungan, pembangunan terowongan pengelak dan intake.

Jokowi Bakal Tinjau Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado 
Foto: Istimewa

"Ada bukit yang dikupas untuk pembangunan bendungan ini. Serta pembersihan tapak pegunungan (clearing). Itu juga sedang kami kerjakan," ujar Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Imam Santoso dalam keterangan resminya seperti dikutip detikFinance di Jakarta, Senin (26/12/2016).

Jokowi Bakal Tinjau Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado 
Foto: Istimewa

Bendungan Kuwil Kawangkoan sendiri merupakan satu dari delapan bendungan baru yang mulai dibangun tahun 2016 ini. Bendungan lainnya yang dibangun tahun ini adalah Bendungan Way Sekampung di Lampung, Ladongi di Sulawesi Tenggara, Napunggete di NTT, serta Ciawi, Cipanas, Leuwikeris, dan Sukamahi yang seluruhnya berada di Jawa Barat
sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3380736/jokowi-bakal-tinjau-pembangunan-bendungan-kuwil-kawangkoan-di-manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar