Minggu, 24 April 2016

17. Bendungan Teritip di Kalimatan Timur

Jokowi Tinjau Proyek Bendungan Teritip, Hasil Duet Pusat dan Daerah

Kamis, 24/03/2016
Jokowi Tinjau Proyek Bendungan Teritip, Hasil Duet Pusat dan Daerah Foto: Ray Jordan
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri meninjau pembangunan Bendungan Teritip di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (24/3/2016). Jokowi minta pembangunan bendungan ini dipercepat sebelum masuk musim hujan.

Bendungan Teritip itu berada di Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan TImur, Kota Balikpapan. Dalam peninjauanya ini, Jokowi ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

Bendungan ini berdaya tampung 2,4 juta meter kubik dengan output 260 liter per detik. Setelah mendapat penjelasan soal pembangunan bendungan ini, Jokowi sempat turun untuk meloihat lokasi pembangunan.



Jokowi mengatakan, pembangunan bendungan itu merupakan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah. Sinergi seperti ini yang diharapkan bisa dipelihara dengan baik.

"Waduk ini memang dibangun dari sinergi antara APBN dan APBD, pusat dan daerah. APBD Rp 86 miliar, APBN Rp 370 miliar. Duet seperti ini penting agar pembangunan cepat selesai," kata Jokowi di lokasi.



Jokowi meminta pembangunan bendungan ini dipercepat sebelum memasuki musim hujan. Diharapkan tahun depan bendungan ini sudah bisa dimanfaatkan.

"Kita harapkan tahun depan sudah bisa menjadi tampungan air baku bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya. Ke depan bisa menjadi pengendali banjir dan wisata," kata Jokowi.

sumber : http://finance.detik.com/read/2016/03/24/124543/3172313/4/jokowi-tinjau-proyek-bendungan-teritip-hasil-duet-pusat-dan-daerah?f9911013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar